BERBANGGALAH DENGAN TEMPAT KERJA ANDA

Apakah anda merasa bangga terhadap tempat kerja anda? Anda dituntut untuk menyediakan waktu extra untuk membersihkan dan merawatnya.

Membanggakan tempat kerja anda itu baik , namun ada hal yang lebih penting lagi yang perlu diperhatikan yaitu pemeliharaan demi keselamatan .

Menjaga tempat kerja supaya tetap bersih dan rapi adalah sesuatu yang amat vital dalam hal safety.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga tempat kerja anda agar tetap bersih dan rapi :

  1. Segeralah membersihkan sampah atau kotoran , baik itu berupa potongan besi atau kayu, bubuk gosok, kertas atau kardus yang bisa membuat orang tersandung, ataupun yang bisa menimbulkan kebakaran
  2. Tempat kerja itu dikatakan teratur apabila barang-barang yang tidak diperlukan tidak berserakan disembarang tempat dan barang-barang lain yang perlu disimpan denganbaik pada tempatnya .
  3. Biasakan diri anda untuk merapikan tempat kerja anda segera, setelah anda menyelesaikan pekerjaan atau sebelum istirahat dan atau sebelum pergantian shift. Hal ini jauh lebih baik atau lebih menghemat waktu , ketimbang kita harus membuang waktu untuk mencari bila ada barang-barang yang hilang atau bekerja di tempat yang berantakan dan atau membiarkan dulu dan membersihkannya pada satu waktu sehingga pekerjaan yang tadinya kecil / ringan menjadi besar.
  4. Tutuplah pintu filling cabinet atau laci untuk mencegah agar orang jangan sampai tersandung atau jangan sampai membentur kepala orang.
  5. Usahakan agar jalan atau lorong harus bebas hambatan . Sampah, alat-alat lain, kabel listrik atau selang udara agar disingkirkan, sehingga orang tidak tersandung .
  6. Usahakan agar barang-barang tidak ditumpuk di jalan. Periksalah kondisi berbahaya lain yang bisa melukai orang, apabila melewati jalan tersebut seperti paku menonjol keluar ataupun potongan besi .
  7. Lantai harus selalu dibersihkan sehingga tidak licin. Periksalah oli, pelumas atau air yang bisa menimbulkan lantai menjadi licin. Jalan masuk dan ram akan mudah sekali licin sehingga harus diperhatikan betul-betul. Jika memang keadaan licin tersebut tidak bisa dihindari maka aturlah sedemikian rupa sehingga tidak akan mendatangkan bahaya .
  8. Buanglah sampah pada tempat yang telah ditentukan. Untuk kain-kain yang berminyak atau tercemar B3 hendaklah dibuang dalam tempat tersendiri yang telah ditentukan. Kosongkan tempat sampah secara teratur untuk menghindari akumulasi dari kotoran yang bisa menimbulkan kebakaran.
  9. Jangan menumpuk bahan-bahan yang mudah terbakar di tempat kerja anda. Jangan menyimpan barang-barang di bawah tangga atau di jalan emergensi sebab bila terjadi kebakaran dapat menghalangi jalan keluar yang anda lewati.
  10. Gunakan metode penyimpanan yang baik seperti menyimpan material yang berbahaya atau cairan yang mudah terbakar. Pastikan bahwa pemasangan ventilasinya sudah benar. Bila menyimpan barang-barang kecil semacam cairan pelarut, maka usahakan untuk selalu mengganti / memperhatikan tutupnya untuk mencegah adanya tumpahan yang bisa menimbulkan kecelakaan .
  11. Waspadalah terhadap setiap cacat atau kekurangan dari alat yang bisa menimbulkan kecelakaan. Bila menemukan adanya kabel yang berjumbai atau rusak, selang yang bocor, keretakan ataupun alat-alat lain yang robek maka diusahakan untuk segera diperbaiki atau diganti .

Mungkin pekerjaan anda tidak meliputi pemeliharaan tempat kerja atau tugas pembersihan lain, namun apa yang bisa anda lakukan adalah peduli terhadap masalah housekeeping (pemeliharaan) dan segera melapor bila menemukan hal-hal yang bisa membahayakan. Dengan berbuat demikian maka anda sudah menunjukkan kebanggaan anda terhadap tempat kerja anda.

Lingkungan kerja yang rapi dan bersih akan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan aman .

About sigitsafety

Bekerja keras, disiplin dan bertanggung jawab dalam segala hal
This entry was posted in Keselamatan Kerja. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s