BAHAYA DEHIDRASI

Apakah unsur atau elemen terpenting dalam tubuh manusia? Jawabannya adalah “Air!” Air adalah sarana transportasi dari tubuh untuk mengirimkan zat-zat gizi kesemua sel. Air juga penting untuk pencernaan- menolong kita untuk menyerap, mengasimilasi, dan membuang. Tubuh Anda dapat bertahan sekitar 5 minggu tanpa makanan tetapi manusia rata-rata hanya dapat bertahan lima hari saja tanpa air.

*Kira-kira 60% tubuh Anda terdiri dari air.
*Kira-kira 75% otot Anda terdiri dari air.
*Kira-kira 75% otak Anda terdiri dari air.
*Kira-kira 82% darah Anda terdiri dari air.
*Kira-kira 25% tulang-tulang Anda terdiri dari air.

Hanya sedikit yang sadar bahwa manusia rata-rata membutuhkan sekitar 3 liter air setiap hari. Namun yang mengkhawatirkan adalah bahwa kebanyakan orang tidak minum bahkan satu gelas airpun dalam 1 hari, apalagi 3 liter.

Tetapi bersyukur bahwa anda sudah berada di sepertiga jalan menuju sasaran melalui makanan yang anda makan. Anda menyerap 1 liter air dalam rutinitas keseharian anda. Misalnya, pisang 70% nya terdiri dari air, apel 80% nya teriri dari air dan tomat 95% nya terdiri dari air.

Makanan dari tepung, daging yang telah dimasak dan kebanyakan lemak hanya mengandung sedikit air. Jadi kalau itu adalah makanan sehari-hari anda, maka itu tidak akan mencukupi kebutuhan air anda. Tetapi kalau anda makan banyak buah dan sayuran, anda kemungkinan besar sudah memperoleh satu liter sebagai batas minimum kebutuhan air anda, anda memerlukan tambahan dua liter air lainnya-dan jika anda hidup di daerah yang panas, seperti Jakarta, maka dibutuhkan lebih dari itu.

Kopi, teh dan minuman soda mengandung kafein. Itu tidak memenuhi kebutuhan air anda, karena kafein bersifat diuretis (menyebabkan anda sering buang air kecil) dan sebenarnya membuat anda kehilangan air.

BAHAYA KEKURANGAN AIR

Kekurangan unsur utama ini dapat menyebabkan varises, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, asma, alergi, hiatal hernia, tukak lambung, radang sendi, sakit punggung dan leher, sakit kepala, lemah ingatan, kolesterol tinggi dan batu ginjal.

JADWAL YANG BAIK

Anda sudah tau berapa banyak air yang harus Anda minum, tetapi kapan kita harus meminumnya?

Waktu terbaik adalah ketika anda mulai bangun tidur pagi hari-kira-kira tiga puluh menit sebelum makan pagi. Mulai dengan satu gelas air.

Kemudian minumlah air dalam ukuran yang sama (1 gelas) sekitar dua setengah jam setelah makan pagi.

Mendekati jam makan siang, ulangi jadwal makan pagi anda. Tiga puluh menit sebelum makan minumlah air dengan ukuran yang sama-atau dua gelas jika anda ingin makan siang dengan jumlah yang besar.

Minum air sebelum makan memiliki dua kepentingan : Itu akan mengurangi nafsu makan, karena perut anda terasa penuh. Dan kedua itu memberikan manfaat positif bagi pencernaan anda.

Barangkali anda bertanya-tanya. Bagaimana dengan minum air setelah makan? Bukankah itu lebih mudah? Itu memang lebih praktis, tetapi tidak terlalu bermanfaat. Inilah alasannya. Ketika anda meminum minuman dengan es atau minuman lainnya bersama makanan anda-khususnya dalam jumlah besar-itu dapat menyapu enzim-enzim dalam perut dan usus anda. Ini menunda pencernaan karena tubuh harus menyerap air dahulu sebelum menyerap makanan itu. Jika anda meminum minuman dingin pada saat makan, itu seperti meyiram air keatas api dan dengan demikian mendinginkan suhu yang diperlukan untuk pencernaan.

Dua setengah jam setelah makan siang minumlah 1 gelas air lagi. Kemudian tiga puluh menit sebelum makan malam minum lagi dalam jumlah yang sama.

Akhirnya, dua setengah jam setelah makan malam minum lagi air dalam ukuran yang sama dan satu kali lagi sebelum tidur malam, kecuali anda menderita hiatal hernia, penyakit reflux ataupembesaran kelenjar prostat. Dalam kasus-kasus tersebut, jangan minum apapun setelah makan. Jika minum air pada malam hari membuat anda harus bangun untuk buang air kecil pada malam hari, tambahkan saja jumlah minum anda sebelum makan siang dan makan malam.

*30 menit sebelum makan pagi : 1 gelas
*2,5 jam setelah makan pagi : 1 gelas
*30 menit sebelum makan siang : 1 gelas
*2,5 jam setelah makan siang : 1 gelas
*30 menit sebelum makan malam : 2 gelas
*2,5 jam setelah makan malam : 1 gelas
*30 menit sebelu tidur : 1 gelas

APAKAH ANDA SIAP UNTUK MINUM 2 LITER 1 SEHARI?

*Kulit anda akan menjadi lebih segar
*Pikiran anda akan menjadi lebih jernih
*Itu akan menolong dalam pembuangan limbah tubuh
*Itu akan meningkatkan sirkulasi
*Itu akan menolong untuk mencegah banyak penyakit akibat kemerosotan kesehatan

Dengan sengaja minum air hari lepas hari, pada akhirnya akan menjadi suatu kebiasaan. Anda akan sampai pada tahap dimana anda melihat segelas minuman ringan, segelas teh atau kopi, dan secara otomatis anda katakan tidak. Sebaliknya anda akan meminta segelas air.

Hanya karena anda membaca informasi ini, jangan mencoba untuk memaksakan kepada setiap anggota keluarga. Mulailah dengan meminum dua liter setiap hari. Izinkan orang-orang sekitar anda menyaksikan energi yang anda miliki, cahaya wajah anda, penampilan sehat dari kulit dan rambut anda. Mereka kemungkinan besar akan berkata “Apa yang sedang anda lakukan, saya juga mau mencobanya!”

Air! itu adalah unsur dasar dari kesehatan anda.

About sigitsafety

Bekerja keras, disiplin dan bertanggung jawab dalam segala hal
This entry was posted in Media Hidup Sehat. Bookmark the permalink.

One Response to BAHAYA DEHIDRASI

  1. indra says:

    kalo setelah 1 menit habis makan tidak boleh minum air putih.. apa harus nunggu 2,5 jam baru boleh minum air putih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s